Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SDN Pranggong Dengan Membuat Ecoprint Pada Totebag

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Dalam rangka melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Unisri Solo, mengusung tema ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting, ekonomi dan sanitasi lingkungan. Program KKN PPM di awali dengan penerjunan mahasiswa ke beberapa daerah.

Salah satunya di Desa Pranggong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Unisri juga ikut serta menerapkan kurikulum merdeka dengan memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

banner 300x250

Pernyataan itu disampaikan Dita Aldia, mahasiswa Unisri, program studi manajemen Fakultas Ekonomi, Minggu, 13 Agustus 2023. Dia mengatakan cara alternatif yang dapat dilakukan para pendidik yaitu dengan mengubah pembelajaran konvensional menjadi berbasis proyek.

Baca juga: Mahasiswa KKN Undip Berdayakan Petani Desa Tegalharjo melalui Workshop EKSPANDA

“Kami mengajak peserta didik SDN Pranggong untuk membuat Ecoprint menggunakan totebag¬† pada Kamis, 10 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan survei ke sekolah dasar terlebih dahulu untuk meminta izin kepada guru dan pelajar kelas V SDN Pranggong untuk mengikuti kegiatan pelatihan,” ujarnya.

Mahasiswi KKN PPM Unisri Solo melatih siswi SDN Pranggong, Boyolali membuat ecoprint. (Portalika.com/Ist)

Tujuan dari pelatihan ini, ujarnya, selain untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan kurikulum merdeka juga dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam menghias atau mempercantik totebag dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar seperti dedaunan dan berbagai jenis bunga.

Manfaat yang didapatkan oleh pihak sekolah, menurut Dita adalah terpenuhinya target pelaksanaan modul proyek dalam setiap semester. “Sedangkan manfaat untuk peserta didik adalah memberikan pengalaman dalam berinovasi dengan memanfaatkan barang di sekitar lingkungan serta meningkatkan kreatifitas peserta didik sehingga memunculkan suatu hasil karya yang memiliki nilai jual.” (Heris)

Komentar