Sarapan Bergizi Untuk Gapai Prestasi, Pesan Dari Mahasiswa KKN Unisri Untuk Siswa SDN Putri

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa dari kelompok 39 Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri) dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) D Ririn Indriastuti, SE, MSi telah melaksanakan kegiatan sosialisasi yang berfokus pada pentingnya sarapan pagi menuju generasi sehat berprestasi pada anak sekolah dasar.

Kegiatan dilakukan di SDN Putri, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali dengan peserta 16 anak kelas IV, V dan VI. Retno Dwi Ningrum, seorang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok tersebut, menjadi penggerak utama dalam kegiatan sosialisasi ini.

banner 300x250

Menururnya, kegiatan berlangsung secara luring di SDN Putri pada 11 Agustus 2023 selama satu jam. “Kegiatan ini dilakukan guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya sarapan sehat di pagi hari demi menunjang kebutuhan energi agar dapat semangat dalam beraktivitas dan meminimalisir masalah kesehatan.”

Baca juga: Ibu-Ibu PKK Karangasem Dilatih Tanam Tanaman Hidroponik Atasi Stunting

Menurut Retno, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman mengenai fungsi sarapan sehat dan makanan apa saja yang baik dikonsumsi serta diharapkan mampu menerapkan kebiasaan sarapan.

Pelajar SDN Putri, Boyolali menyimak materi sarapan penting untuk generasi. (Portalika.com/Ist)

Retno menjelaskan kepada para siswa dan siswi SDN Putri tentang pentingnya sarapan sebelum melaksanakan aktivitas  di pagi hari. Media yang digunakan sebagai edukasi berupa booklet Sarapan Bergizi Untuk Gapai Prestasi yang berisi apa itu sarapan, manfaat dari sarapan, dampak dari tidak sarapan bagi anak sekolah, bagaimana sarapan yang baik dan benar.

Pada saat memaparkan materi, Retno bertanya, “apa itu sarapan bergizi?” terlihat para siswa menampakkan wajah bingung sambil berpikir, seorang siswa menjawab, “makan di pagi hari”. Siswa yang lain ingin menyampaikan pendapat, namun enggan untuk berbicara. Hal ini menunjukkan bahwasannya para siswa masih bingung mengenai sarapan bergizi.

Kemudian, Retno melanjutkan pematerian dengan mengedukasi tentang fungsi dari sarapan bergizi, dampak negatif tidak sarapan dan bagaimana sarapan yang baik dan benar yang berpedoman pada tumpeng gizi seimbang dan pesan isi piringku.

Retno juga menjelaskan, sarapan sehat itu sarapan yang mengandung beberapa kandungan gizi di dalamnya, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. “Sarapan sehat dapat terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah dan susu,” ujarnya.

Walaupun demikian, selama kandungan gizi pada menu sarapan itu lengkap, maka hal tersebut dapat dikatakan sarapan sehat. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan game menyusun menu sesuai dengan pesan isi piringku, yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian snack kepada siswa-siswi SDN Putri. (Heris)

Komentar