Pelatihan Pembelajaran ANBK Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas V SDN 02 Kadipaten

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar, pengelola SDN 02 Kadipaten bangga mengumumkan suksesnya pelatihan pembelajaran Adaptasi Nilai-nilai Budaya dan Kearifan Lokal (ANBK) yang diadakan untuk pelajar kelas V.

Menurut Marlena Putri Nur Cahyani, mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kadipaten, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, menyatakan pelatihan bertujuan untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang inovatif, menggabungkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dengan materi kurikulum yang ada.

banner 300x250

“Pelatihan tersebut diikuti oleh 34 siswa-siswi kelas V dan diselenggarakan pada 3 Agustus 2023. Dalam pelatihan ini, para siswa diberikan wawasan mendalam tentang penerapan ANBK dalam proses pembelajaran sehari-hari. Dengan memadukan nilai-nilai budaya lokal dalam materi pembelajaran, diharapkan siswa dapat lebih terhubung dengan materi yang diajarkan dan memahami konteks kehidupan sekitar mereka,” ujarnya.

Baca juga: Sarapan Bergizi Untuk Gapai Prestasi, Pesan Dari Mahasiswa KKN Unisri Untuk Siswa SDN Putri

Sedangkan Koordinator sekolah mengaku gembira melihat antusiasme para siswa dalam mengikuti pelatihan. Penerapan ANBK diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan menginspirasi bagi siswa-siswi.

“Kami percaya bahwa pendekatan ini akan membantu meningkatkan minat belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pendidikan,” katanya.

Dia katakan siswa-siswi kelas V siap melaksanakan pembelajaran ANBK di dalam kelas. SDN 02 Kadipaten berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif pendidikan yang inovatif demi menciptakan generasi yang terhubung dengan akar budaya mereka dan memiliki pemahaman lebih mendalam tentang lingkungan sekitar. (Heris)

Komentar