Siswa SDN Ngrandu Dikenalkan Soal Kepedulian Pada Lingkungan Sejak Kecil

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting ekonomi ekstrem dan sanitasi lingkungan di Desa Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri) kelompok 42 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yokhebed Arumdika, SH, MH menyelenggarakan sosialisasi implementasi pendidikan lingkungan hidup yang dilaksanakan di SDN Ngrandu Desa Temon, mencakup siswa kelas III SD.

‚ÄúSosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup dan dapat membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa SDN Ngrandu Desa Temon, Simo, Boyolali,” ujar pelaksanaan kegiatan Herman Jaya Putra.

banner 300x250

Lebih lanjut, Herman Jaya Putra, menjelaskan mengenai pengertian lingkungan hidup secara dasar dan mudah dipahami oleh siswa SD, lalu menjelaskan mengenai berbagai macam kegiatan dan kebiasaan yang dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa SD.

Baca juga: Pohon Harapan Sebagai Media Layanan BK Untuk Menelisik Impian Para Siswa SDN 1 Tawengan

Dia katakan, sosialisasi telah dilaksanakan pada 4 Agustus 2023 berjalan lancar dan penuh antusias dari siswa kelas III SD. Mereka nampak aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

Portalika.com/Ist

“Sosialisasi ini juga mengajarkan siswa kelas III SD di SDN Ngrandu untuk lebih aktif dan membentuk karakter peduli lingkungan. Disampaikan juga manfaat pendidikan lingkungan hidup, menceritakan contoh-contoh dari pendidikan lingkungan sehat, lalu merespon siswa yang sudah mulai membiasakan karakter peduli lingkungan,” katanya.

Diakhir sosialisasi, ujarnya, ada sesi game dengan hadiah yang membuat siswa sangat bersemangat. Sesi game ini juga mengajarkan pada siswa mengenal sampah organik dan anorganik, dan mengajarkan mereka untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya, lalu sosialisasi ditutup dengan kesimpulan selama kegiatan sosialisasi berlangsung.

Dia berharap siswa SDN Ngrandu dengan adanya sosialisasi yang telah dilakukan dapat membentuk karakter peduli lingkungan sejak dini. “Apabila dari kecil terbiasa peduli terhadap lingkungan diharapkan kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa, dan bisa melestarikan lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan, dengan adanya sosiasilasi ini semoga bisa menjadi ilmu baru yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.” (Heris)

Komentar