Wow, Dari Tangan Siswa Kelas IV, Tutup Botol Bekas Bisa Jadi Asesoris Gantungan Kunci

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengembangan dan Pelatihan Masyarakat (KKN PPM) kelompok 03 Universitas Slamet Riyadi Surakarta menggelar pelatihan pembuatan aksesoris dan gantungan kunci bagi siswa kelas IV MI Sudirman, Desa Gondang Rawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

Menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini menurut Afifah, pelaksana program pelatihan, merupakan hal yang sangatlah penting. Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam melakukan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang bermanfaat bagi orang lain dan memberikan nilai lebih.

banner 300x250

Mengajarkan kewirausahaan pada anak sejak dini memiliki tujuan yang sangat baik untuk pembentukan mental wirausaha.

Baca juga: Pentingnya Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dan Mewarnai

Hal ini dilakukan karena dalam pendidikan kewirausahaan tidak saja sekedar mengajarkan anak tentang cara berbisnis. Agar anak dapat memanfaatkan waktu luang dengan baik dan bermanfaat agar tidak berfokuskan kepada gadjet dan game yang tidak bermanfaat.

Portalika.com/Ist

Dari hasil pelatihan pembuatan aksesoris dan gantungan kunci yang telah dilaksanakan diharapkan siswa dapat memanfaatkan waktu luang dan kreatif dalam berfikir agar pandai berbisnis dengan memanfaatkan tutup botol bekas yang semula barang tidak terpakai sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Menurut Afifah kegiatannya bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya jiwa kewirausahaan dimasa kini dan meningkatkan kreatifitas siswa supaya siswa agar dapat berinovasi. Selain itu antusias dari siswa sangat luar biasa sehingga membuat pemateri yakin bahwa materi yang disampaikan dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha nanti.

Menurut Haikal, siswa kelas IV MI Sudirman, pelatihan pembuatan aksesoris dan pemanfaatan tutup botol bekas menjadi gantungan kunci hari ini membuat dirinya senang karena dapat belajar dan mempraktikan dari apa yang telah disampaikan tadi.

Sedangkan Wahyu, wali kelas IV MI Sudirman, mengatakan pelatihan ini sangat membantu karena dapat meningkatkan kreatifitas pada anak dan mengisi waktu luang yang baik dan bermanfaat supaya tidak berfokus pada gadjet. Sehingga dengan pelatihan ini dapat dikatakan sebagai latihan agar siswa dapat melakukan berwirausaha nanti.

Kegiatan pelatihan pembuatan aksesoris dan pemanfaatan tutup botol bekas menjadi gantungan kunci diikuti 29 siswa kelas IV MI Sudirman Gondang Rawe dengan materi menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini dan praktik pembuatan aksesoris serta pemanfaatan tutup botol bekas menjadi sebuah gantungan kunci. (Heris)

Komentar