Pentingnya Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dan Mewarnai

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian pada Masyarakat (KKN PPM) dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) kelompok 39, menyelenggarakan program sosialisasi di SDN Putri Dukuh Titang, Desa Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Kegiatan difokuskan pada pengenalan konsep menggambar dan mewarnai sebagai cara efektif untuk merangsang perkembangan kreativitas serta ekspresi anak-anak.

Shefia Yuni Ismawati, pelaksana program kegiatan mengatakan tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan orang tua terhadap pentingnya melatih kreativitas anak sejak dini. Kegiatan itu dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) D Ririn Indriastuti, SE, MSi.

banner 300x250

Kepala sekolah  SDN Putri, Samani, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kontribusi mahasiswa KKN PPM dalam membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak.

Baca juga: Petani Singkong Desa Teter Heboh, Pemasaran Produksi Mocaf Dilakukan Lewat Media Sosial

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan wawasan kepada orang tua dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berekspresi melalui seni. Menggambar dan mewarnai dapat merangsang imajinasi serta kreativitas mereka,” ujar Samani.

Portalika.com/Ist

Sementara itu, Shefia Yuni Ismawati menjelaskan bahwa kegiatan ini disusun dengan mempertimbangkan karakteristik usia anak-anak. “Kami merancang materi yang menarik dan interaktif agar anak-anak merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Kami juga memberikan panduan kepada orang tua tentang bagaimana cara mendukung iperkembangan kreativitas anak di rumah,” ungkap Shefia.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan antusias, dihadiri siswa kelas III. Mereka diberikan kesempatan untuk berkreasi dalam menggambar dan mewarnai, sambil mendapatkan arahan dari mahasiswa KKN PPM. Para orang tua sangat mengapresiasi upaya mahasiswa UNISRI kelompok 39 dalam memberikan pendidikan tambahan kepada anak-anak mereka.

Program sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran tentang pentingnya memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak. Mahasiswa KKN PPM Unisri kelompok 39 berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan anak-anak di wilayah tersebut, serta menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa mendatang. (Suryono)

Komentar