Wow, Sebanyak 1.054 Atau 72,7 Persen Lulusan UNS Raih Predikat Cumlaude

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Sebanyak 1.449 wisudawan mengikuti wisuda periode VIII tahun 2023 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Sejumlah 1.054 di antaranya lulusan meraih predikat cumlaude atau dengan pujian.

Kelulusan ini terdiri dari Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana, dan Diploma. Wisuda luring digelar, Sabtu (28/10/2023) di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS.

banner 336x280

Wisudawan tersebut terdiri atas 21 wisudawan Program Doktor, 101 wisudawan Program Magister, 10 wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis, 35 wisudawan Program Profesi Insinyur, 773 wisudawan Program Sarjana, 43 wisudawan Program Diploma IV, dan 466 wisudawan Program Diploma III.

Baca juga: Sebanyak 752 Lulusan UNS Diwisuda oleh Rektor. Sebanyak 242 Wisudawan Cumlaude

Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus MS melaporkan terdapat lulusan-lulusan dengan capaian luar biasa. Lulusan tercepat program doktor diraih Dr Panji Achmad dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Hukum dengan lama studi 2 tahun 6 bulan. Ia lulus dengan IPK 3,91.

Lulusan termuda program doktor diraih Gregorius Yoga Panji Asmara dari Prodi S-3 Ilmu Hukum dengan usia sampai saat lulus adalah 28 tahun 11 bulan.

Lulusan tercepat program magister diraih Atika Afniratri, MKM dari Prodi S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,94. Lulusan termuda program magister diraih oleh Diah Ayu Safitri, MPd dari Prodi S-2 Pendidikan Matematika dengan usia sampai saat lulus adalah 23 tahun 9 bulan.

Portalika.com/dok humas UNS

Adapun lulusan tercepat program sarjana diraih oleh Hanifah Rahma Harumi, SKed dari Prodi Kedokteran dengan masa studi 3 tahun 5 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,44. Lulusan termuda program sarjana diraih oleh Lutfi Dwi Puspitasari, SPd dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan usia saat lulus adalah 20 tahun 9 bulan.

Sementara pada jenjang Diploma IV, lulusan tercepat dan termuda diraih Isnaini Almar’atus Solikhah Ramadanti, dari Prodi D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ia lulus dengan masa studi 3 tahun 11 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,85. Lulusan termuda diperoleh Sanaz Alya Az-Zara, STr.Sos dari Prodi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil dengan usia pada saat lulus 21 tahun 5 bulan.

Pada jenjang Diploma III, lulusan tercepat diperoleh Desy Setianingsih, AMd dari Prodi D-3 Farmasi dengan lama studi 2 tahun 8 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,71. Lalu, lulusan termuda Program Diploma III diraih oleh Anasti Cahya Adisti, AMd dari Prodi D-3 Keuangan dan perbankan. Ia lulus pada usia 20 tahun.

Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum, berterima kasih karena segenap wisudawan telah mempersembahkan prestasi yang membanggakan. Pada wisuda periode ini, jumlah wisudawan berpredikat cumlaude atau dengan pujian mencapai 72,7%.

“Tingginya jumlah wisudawan cumlaude menandakan bahwa kualitas akademik di UNS menunjukkan tren semakin baik,” tutur Prof Jamal.

Momentum ini semakin spesial karena bertepatan peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda. Jamal menilai adanya relevansi semangat dan kerja keras 1.449 wisudawan yang sebentar lagi akan berkiprah memajukan bangsa Indonesia.

Gerbang utama UNS. (Portalika.com/Ist)

“Saya percaya, meskipun keadaan masa depan masih saja sulit diprediksi, para lulusan UNS akan berhasil menaklukkan setiap rintangan dan ujian dengan bekal percaya diri, tekad yang kuat, dan potensi yang dimiliki,” ujar Prof Jamal

Kerja keras dan semangat wisudawan dibuktikan dengan prestasi membanggakan karena jumlah wisudawan UNS periode VIII berpredikat dengan pujian atau cumlaude mencapai 72,7%. Pernyataan Prof Jamal ini relevan dengan pengakuan lembaga pemeringkatan dunia Time Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2023 yang menempatkan UNS sebagai ranking 7 kampus terbaik di Indonesia.

“Semoga kehadiran dan kontribusi saudara akan menjadi poin positif bagi UNS yang akan terus berjuang berada di posisi 10 besar kampus terbaik di Indonesia dan mencapai target 500 top ranking kampus di dunia,” tutur Prof Jamal.

Rektor UNS berpesan, para wisudawan akan merasakan sensasi perjalanan hidup yang sesungguhnya. Babak baru telah menunggu mereka dan akan menjadi ajang pembuktian kekuatan ilmu dan keterampilan yang telah dimiliki.

“Inilah pentingnya saudara dibekali dengan kompetensi ilmu dan keahlian. Karena saya yakin, dengan kompetensi keilmuan yang terus menerus diasah dan keahlian yang senantiasa dilatih, akan menjadikan Saudara memiliki kemampuan bersaing di dunia kerja,” sambungnya. (Triantohs)

Komentar