Sebanyak 752 Lulusan UNS Diwisuda oleh Rektor. Sebanyak 242 Wisudawan Cumlaude

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda sebanyak 752 wisudawan pada wisuda periode III tahun 2023. Wisuda berlangsung di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Sabtu, 27 Mei 2023.

Sebanyak 752 wisudawan tersebut terdiri atas 19 wisudawan Sekolah Pascasarjana, 25 wisudawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 45 wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Kemudian sejumlah 65 wisudawan Fakultas Hukum (FH), 78 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 74 wisudawan Fakultas Kedokteran (FK), 54 wisudawan Fakultas Pertanian (FP), 62 wisudawan Fakultas Teknik (FT), 177 wisudawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

banner 336x280

Sebanyak 22 wisudawan Fakultas Keolahragaan (FKOR), 35 wisudawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 6 wisudawan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), 55 wisudawan Sekolah Vokasi (SV), 13 wisudawan Fakultas Psikologi (FPsi), 9 wisudawan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FATISDA), dan 13 wisudawan Fakultas Peternakan (FP).

Baca juga: Di Laweyan, UNS Dan Bank Indonesia Gelar Expo Produk UMKM Soloraya

Dalam laporannya, Plt Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS, menyebutkan dari 752 wisudawan, sebanyak 242 wisudawan lulus mendapatkan gelar predikat cumlaude atau dengan pujian.

Portalika.com/Humas UNS

“Selain itu, terdapat lulusan dengan capaian-capaian yang luar biasa, seperti lulusan tercepat program doktor atas nama Kokom Komariah dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia dengan lama studi 2 tahun 7 bulan. Lulusan doktor termuda diraih oleh Suci Faniandari dari Prodi S-3 Fisika yang lulus pada usia 26 tahun 2 bulan,” ujar Prof Yunus.

Kemudian pada jenjang magister, lulusan tercepat diraih Slamet Rahman Raharjo dari Prodi S-2 Teknik Sipil dengan lama studi 1 tahun 6 bulan. Lalu, lulusan termuda diraih Aulia Siti Nur Rahmah dari Prodi S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang lulus pada usia 23 tahun 4 bulan.

“Sementara itu, pada jenjang sarjana lulusan tercepat diraih Shoffan Mujahid dari Prodi S-1 Ekonomi Pembangunan dengan lama studi 3 tahun 5 bulan. Kemudian lulusan termuda diraih oleh Ambar Cahyaningrum dari Prodi S-1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) dengan usia sampai saat lulus 20 tahun,” lanjut Prof Yunus.

Selanjutnya lulusan tercepat dan termuda pada program diploma IV adalah Afninda Sholeha Ayu Wulandari dari Prodi D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan lama studi 4 tahun 6 bulan dan usia sampai saat lulus 22 tahun 4 bulan. Lulusan tercepat program diploma III diraih oleh Errico Sebastian Prabowo dari Prodi D-III Teknik Sipil dengan lama studi 3 tahun. Selanjutnya, lulusan termuda program diploma III diraih oleh Farida Nur Kholisa dari Prodi D-III Usaha Perjalanan Wisata dengan usia sampai saat lulus 19 tahun 8 bulan.

Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum, menyampaikan selamat dan apresiasi atas kelulusan para wisudawan periode III UNS.

“Perlu saya sampaikan, mulai bulan Mei 2023 ini, saya bersama pimpinan Organ UNS telah mengambil kebijakan untuk menyelenggarakan upacara wisuda setiap bulanya. Hal ini dilakukan, semata-mata demi memberikan kesempatan bagi lulusan UNS agar segera bisa memperoleh ijazahnya untuk digunakan diberbagai kepentingan. Dan pada hari ini UNS mewisuda sebanyak 752 wisudawan, saya ucapkan selamat dan sukses atas keberhasilanya menyelesaikan studinya,” papar Prof Jamal.

Oleh karena itu, Rektor UNS berpesan meminta kepada semua lulusan UNS agar memiliki keberanian untuk menemukan cara diluar yang tidak biasa atau thinking out of the box, sehingga kalian mau tidak mau harus memiliki kreativitas dalam menemukan ide-ide baru, dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mengatasi permasalahan yang ada.

“Saya percaya dan optimis jika alumnus UNS dengan keragaman potensi yang dimilikinya akan mampu mengeksplorasi ilmu dan keterampilanya untuk kepentingan kemajuan peradaban bangsa kearah yang lebih baik,” tegas Prof Jamal. (Trianto H Suryono)

Komentar