Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran

banner 468x60

Portalika.com [YOGYAKARTA] – Bahaya kebakaran dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, serta tidak mengenal musim, baik musim hujan atau musim kemarau, sehingga personel Lanud Adisutjipto dituntut, selalu waspada dan siap apabila terjadi kebakaran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Lanud Adisutjipto mengggelar latihan Pemadaman kebakaran Triwulan II Tahun Anggaran 2023 di Lanud Adisutjipto, Selasa, 20 Juni 2023.

banner 300x250

Dalam latihan ini diasumsikan kebakaran terjadi di salah ruangan hanggar 5 Skatek 043 Lanud Adisutjipto. Kejadian berawal saat anggota Skatek 043 melihat asap dan api disalah satu ruangan hanggar, kemudian berlari melaporkan ke pos jaga Skatek, untuk diteruskan ke Base rescue (BR).

Selanjutnya dari Kasubsi Base Rescue dilaporkan secara paralel ke Kasi Base Ops, diteruskan ke Kadisops, Dansatpomau, Ka Intel dan Kepala Kesehatan untuk ditindaklanjuti.

Sedangkan anggota yang lain berupaya memadamkan sumber api dengan menggunakan Alat PK / APAR yang tersedia disetiap ruangan. Namun Kebakaran semakin besar dan tidak berhasil dipadamkan sendiri.

Tidak berselang lama datang bantuan mobil pemadam kebakaran (base rescue) dan ambulance ke lokasi dengan melaksanakan pertolongan Korban yang sulit dijangkau karena bahaya asap dan api. Api pun berhasil dipadamkan. Personel Satpom dan Intel mengamankan dan memasang garis polisi di sekitar tempat kejadian.

Personel Skatek melanjutkan evakuasi dokumen, pendataan dan inventarisir pesawat, serta tim medis dengan kendaraan ambulance melaksanakan pertolongan medis selanjut yang luka berat di bawa ke RSPAU dr. Hardjolukito.

Kasi Opslat Disops Lanud Adisutjipto Mayor Pnb Ari Nugroho Widodo disela sela latihan mengatakan latihan Pemadaman kebakaran bertujuan agar setiap personel mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran.

“Ini akan terus kita latihkan kepada setiap personel, agar memahami dan menguasai, harapannya agar terhindar dari kerugian yang lebih besar baik personel maupun materiil,” terangnya. (Yulianto)

Komentar