Aksi Mewarnai Karakter Wayang Siswa SD, Upaya Melestarikan Seni Budaya

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan riset bertajuk Aksi Mewarnai Karakter Wayang pada acara Exposeni 2023. Kegiatan kreatif ini sebagai bagian even memperingati Dies Natalies ke-59 Tahun ISI Surakarta.

Kegiatan kreatif luaran dari Hibah Riset Terapan DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Kemendikbudristek Tahun 2023 berupa eksperimentasi karakter wayang kulit purwa yang dihasilkan dari observasi koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta.

banner 300x250

Tahapan eksperimetasi dimana karakter wayang mengambil karakter wayang yang terdapat di Pawukon (horoskop) Jawa dari koleksi Museum Radya Pustaka, Surakarta. Sebagai mitra dalam riset terapan yang diselenggarakan Senin, 17 Juli 2023 di Pendapa ISI Surakarta, Kampus Kentingan ini diikuti sekitar 60 siswa dari kelas II dan IV dari SD Negeri Tugu, Jebres, Surakarta.

Baca juga: Keren, 5 Tim Mahasiswa ISI Solo Maju Babak Final LIDM 2023

Ajuan proposal berjudul Transformasi Karakter Wayang Kulit Purwa Koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta Melalui Motion Graphic Sebagai Media Pelestarian, Edukasi dan Rekreasi Untuk Generasi Milenial ini lolos didanai di tahun I (2023). Proposal diajukan oleh Dr Sri Hesti Heriwati, MHum selaku ketua peneliti, dengan M Harun Rosyid Ridlo, MSn, Basnendar Herry Prilosadoso, SSn, MDs dan Sri Murwanti, SE, MM.

Dalam rilis Ketua tim riset, Sri Hesti Heriwati menjelaskan melalui tahapan ini mengajak generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar untuk mengenalkan kembali karakter wayang melalui media ilustrasi untuk diwarnai. Kegiatan mewarnai wayang ini juga sekaligus upaya pelestarian seni budaya berupa wayang ini.

Selanjutnya akan direncanakan berupa perancangan karakter wayang untuk media audiovisual motion graphic. Menurut Ainun Mayasakhi Wibowo, 9, siswa kelas IV dirinya sangat senang dengan aktivitas mewarnai bersama siswa lain di awal hari pertama masuk sekolah. (Heris)

Komentar