Anggota Karang Taruna Tempuran Diajari Cara Menentukan Harga Jual Dan Pembukuan Kas Umum Pada Produk Jamu Kayu Bajakah

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mila Ayu Indrasari, mahasiswi kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 39, aktif terlibat dalam kegiatan sosialisasi yang berfokus pada penentuan harga jual produk dan pembukuan kas umum. Kegiatan dilakukan atas kerjasama dengan Karangtaruna di Dukuh Tempuran, Desa Simo, Kabupaten Boyolali.

Hadir di kegiatan itu kurang lebih 15 orang anggota karang taruna dan kegiatan dilaksanakan 30 Juli 2023. Mila mengaku semangat membagikan pengetahuannya tentang strategi penentuan harga jual produk sesuai dengan nilai pasar. Dia memcontohkan produk jamu kayu Bajakah di Dukuh Tempuran RT 15/05, Desa Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali

banner 336x280

Dengan ilmu yang diperolehnya dari perkuliahan, Mila memberikan panduan yang komprehensif tentang aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga yang adil dan menguntungkan.

Baca juga: Mahasiswa KKN Ajari Pelajar SD Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar

Selain itu, Mila juga memberikan arahan mengenai pentingnya pembukuan kas umum yang baik dan benar. Pembukuan yang teratur dapat membantu karang taruna dalam mengelola keuangan dengan lebih transparan dan efisien.

Portalika.com/Ist

Mila memberikan contoh-contoh nyata dan tips praktis dalam merinci pendapatan dan pengeluaran serta mengatur administrasi keuangan secara umum. Ketua Karang Taruna, Novi, menyatakan rasa terima kasihnya atas kontribusi Mila dalam menjalankan sosialisasi ini.

“Kami merasa sangat terbantu dengan pengetahuan yang diberikan oleh Mila. Semua anggota Karangtaruna merasa lebih percaya diri dalam mengatur harga produk dan mengelola keuangan kami dengan baik,” kata Novi.

Mila sendiri merasa senang bisa berkontribusi positif untuk masyarakat Desa Simo. “Saya berharap apa yang telah saya bagikan dapat membantu Karangtaruna dan masyarakat Desa Simo dalam mengoptimalkan potensi ekonomi dan pengelolaan keuangan mereka,” ujar Mila.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dan masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi perkembangan desa. Dengan semangat seperti ini, diharapkan potensi lokal dapat lebih dimanfaatkan dan masyarakat bisa lebih mandiri dalam mengelola sumber daya ekonomi mereka. (Heris)

Komentar