Mampu Kelola Lingkungan Hidup, Bupati Trenggalek Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022

banner 468x60

Portalika.com [TRENGGALEK, JATIM] – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai Kepala Daerah Kategori Kabupaten Sedang Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2022.

Penghargaan diserahkan Menteri LHK, Dr Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Nur Arifin di Gedung Manggala Wanabakti Kemen LHK RI di Jakarta, Selasa (29/8/2023).
.
Penghargaan ini diberikan atas kepemimpinan Bupati Nur Arifin yang dianggap berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

banner 336x280

Baca juga: Bupati Trenggalek Buka Festival Gempi 2023, Ingatkan Untuk Jaga Alam Sebagai Bentuk Kesiapsiagaan

Menerima penghargaan ini, Bupati Mas Ipin menyebut penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat yang terus istiqomah dalam menjaga ruang hidup kelestarian lingkungan di Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek, Moch Mur Arifin. (Portalika.com/Ist)

“Jadi, meskipun penghargaan sebagai Bupati atau individu tetapi harus diingat bahwa Bupati ini jelmaan dari kepercayaan rakyat dan juga kerja-kerja kolaboratif lintas sektor termasuk OPD,” ungkap Mas Ipin.

Mas Ipin menambahkan, “Saya mengucapkan selamat untuk Kabupaten Trenggalek, semoga istiqomah mengawal ruang hidup masyarakat melalui penjagaan lingkungan.”

Disisi lain, Bupati mengingatkan kita masih punya PR, yang pertama dari hulu ke hilir sungai kita, kemudian pesisir pantai kita ini perlu dipelihara kemudian diperkuat khususnya sabuk hijau, bagaimana kita menghindari adanya tsunami dan kerusakan ekosistem di kawasan pesisir.

Portalika.com/Ist

Kedua meskipun kita tidak punya kewenangan didalam pertambangan tetapi saya ingin melalukan audit sosial dan juga audit lingkungan terhadap izin-izin yang sudah terbit maupun masih berproses

“Karena meskipun sudah berizin belum tentu itu bisa menyejahterakan masyarakat ataupun bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan sosial,” ujarnya.

Ketiga PR nya kita bisa berkolaborasi untuk mewujudkan ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berbasis lingkungan hidup kita. 

“Jadi itu yang bisa saya sampaikan, selamat untuk masyarakat Kabupaten Trenggalek, semoga kita bisa terus istiqomah mengawal kedaulatan ruang hidup masyarakat dan juga bagaimana kita bisa berdikari dalam hal ekonomi dan ekonomi biru,” tandasnya. (Rudi Sukamto/Kominfo Trenggalek)

Komentar