Berhemat Dan Berkreasi Lewat Celengan

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Juli-Agustus 2023. Di KKN itu mengusung tema Unisri ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting ekonomi ekstrim dan sanitasi lingkungan.

Menanggapi tema tersebut, Rizqi Setiawan Putra, mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Tawengan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali dengan dosen pembimbing lapangan (DPL), Rina Susanti SE, MM membuat program kerja berjudul kreatifitas celengan untuk peningkatan gerakan menabung di SDN 1 Tawengan.

banner 336x280

Menurutnya, program kerjanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan serta meningkatkan pemahaman siswa-siswi mengenai pentingnya menabung dan memanfaatkan potensi limbah barang bekas di sekitar lingkungan untuk diolah menjadi barang kerajinan yang bernilai guna.

Baca juga: Mahasiswa Unisri Ajak Warga Desa Gunung Manfaatkan Lidi Menjadi Bernilai Jual Tinggi

Selain itu, kegiatan ini memberikan manfaat kepada siswa-siswi agar dapat berlatih untuk berpikir kreatif dan inovatif melalui penerapan ekonomi kreatif yang dilakukan. Rizqi menjelaskan kegiatannya juga melatih siswa-siswi supaya lebih kreatif.

“Melalui kegiatan ini juga dapat melatih siswa-siswi untuk berhemat dengan memanfaatkan barang¬† bekas berupa kardus bekas yang akhirnya dapat dijadikan sebagai tempat untuk menabung,” ujarnya.

Kegiatan telah dilaksanakan pada 2 agustus 2023 dengan mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah dan guru SDN 1 Tawengan. “Pelajar kelas IV sangat kreatif dan pandai dalam menghias tempat untuk menabung.” (Heris)

Komentar