Mahasiswa Unisri Ajak Warga Desa Gunung Manfaatkan Lidi Menjadi Bernilai Jual Tinggi

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) 2023, Unisri, Solo melaksanakan program kerja sosialisasi pengembangan potensi daerah melalui UMKM di Desa Gunung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Program ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat lokal desa gunung oleh Alfira Ratha Malinda sebagai mahasiswa Ilmu Administrasi Negara UNISRI.

Dia menjelaskan dalam pengembangan potensi desa melalui UMKM setempat agar tercipta masyarakat dengan taraf ekonomi yang lebih mapan dan baik dengan pemberdayaan bahan dan SDM asli Desa Gunung.

banner 300x250

“Untuk potensi yang bisa kami temukan di Desa Gunung adalah singkong dan produksi lidi. Disini singkong menjadi produk lokal bagi ketahanan pangan dan lidi menjadi produksi dan keahlian khas masyarakat Desa Gunung. Dari sini produksi lidi dapat dikembangan menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki value tinggi seperti contoh piring dari lidi, tempat seserahan, tempat buah dan sebagainya. Karena di sini produksi masih sangat sederhana dengan harga yang masih murah,” ucap Alfira.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Surakarta Memberi Rumus Jitu Agar Balita Tidak Menjadi Stunting

Melihat kondisi itu, Alfira melakukan pelatihan kepada masyarakat desa dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan dan peluang bisnis.

Portalika.com/Ist

“Peningkatan kualitas SDM dapat kita mulai dengan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan teknologi, pemsaran online dan  manajemen keuangan,” ujarnya.

Alfira berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memnambah wawasan serta motivasi bagi masyarakat Desa Gunung untuk dapat berkembang lagi , terutama di bidang UMKM setempat. (Heris)

Komentar