Kongres Nasional ARSPTN Sukses Digelar Di Solo

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Kongres Nasional (Konas) ke-4 Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (ARSPTN) digelar di Solo. Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ditunjuk menjadi pelaksana kegiatan Konas ke-4 ARSPTN yang digelar pada 11-13 Agustus 2023 di The Sunan Hotel Solo.

Acara dihadiri 300 peserta yang berasal dari 30 RS dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) anggota ARSPTN maupun di luar ARSPTN perwakilan dari Sabang sampai Merauke. Acara dibuka oleh Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS dan Ketua Umum ARSPTN, Prof Dr Nasronudin, SpPD, KPTI-FINASIM, Sabtu (12/8/2023).

banner 300x250

Acara 4th Annual Meeting ARSPTN 2023 mengusung tema Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Klinik yang bersinergi dengan Pelayanan dan Penelitian RS PTN dan RSGM PTN serta Percepatan Akreditasi Rumah Sakit Pendidikan. Konas diharapkan mampu untuk mempromosikan, mengembangkan, dan memajukan rumah sakit pendidikan, melalui petukaran pengetahuan, keterampilan dan informasi antar ahli di bidang perumahsakitan.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Surakarta Memberi Rumus Jitu Agar Balita Tidak Menjadi Stunting

Menurut Ketua Umum ARSPTN, Nasronudin, tema tersebut sangat relevan, tepat sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat nasional dan global yaitu antara lain menuntut lahirnya sumber daya manusia unggul bidang kesehatan.

“Guna mencapai produk tersebut tentu diperlukan institusi Pendidikan bermutu, rumah sakit pendidikan bermutu, serta penyelenggaraan pendidikan yang memperhatikan mutu dan kualitas. Sejalan dengan penyelenggaraan Pendidikan yang bermutu tersebut tentu perlu disertai penyelenggaraan pelayanan dan penelitian yang merupakan bagian integral, satu sama lain tidak bisa dipisahkan,” terang Nasronudin.

Dalam acara yang diadakan selama 3 hari ini, terdapat 2 workshop, 5 simposium, 2 lunch simposium, 2 plenary simposium dan rapat kerja yang membahas tentang rumah sakit pendidikan dan perkembangan di bidang kesehatan terkini. Tidak hanya itu, dalam acara ini juga diadakan kompetisi makalah ilmiah yang mana perwakilan RS, RSGM dan universitas mempresentasikan hasil penelitiannya.

Saat sesi gala dinner, para peserta menampilkan performance yang mewakilkan ciri khas daerah masing-masing sebagai sarana untuk mengakrabkan para peserta yang berasal dari RS dan RSGM PTN se-Indonesia. (Suryono)

Komentar