Lewat Kapur Tulis, Puluhan Siswa SD Negeri Mojosongo VI Menggambar Beragam Tokoh Pahlawan

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Beragam karakter wajah tokoh pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, RA Kartini, WR Supratman, Bung Karno, Bung Hatta, dan tokoh lainnya digambar oleh anak-anak dengan antusias dan diiringi canda tawa sesekali disela-sela menggoreskan kapur tulis.

Seperti yang digambar Bayu Setiaji, siswa kelas IVa yang begitu semangat menorehkan kapur tulis warna kuning membentuk wajah Pangeran Diponegoro. Warga asal Rinjani, Mojosongo ini senang bisa memperingati Hari Pahlawan dengan aksi menggambar di halaman sekolah. Dia berharap dapat mengikuti kegiatan serupa di lain hari.

banner 300x250

Media menggambar dengan papan display ukuran 60 x 90 cm serta alat kapur tulis menjadi ajang ekspresi dan kreativitas lebih dari 100-an siswa SD Negeri 4 Mojosongo dalam memperingati Hari Pahlawan.

Baca juga: Puluhan Anak Warga Perum Solo Elok, Mojosongo Ikuti Lomba Mewarnai Sambut Peringatan HUT RI Ke-78

Event kreatif dengan tajuk Goresan Anak Bangsa Bangga Pahlawan ini diprakarsai oleh Komunikotavisual sebagai project ke 41 ini dengan melibatkan siswa yang diselenggarakan di halaman sekolah pada Jumat, 10 November 2023.

Basnendar H selaku co founder Komunikotavisual sebagai pemrakarsa event kreatif ini menjelaskan siswa didik memerlukan media alternatif dalam memberi ruang kreatif serta upaya mengingat jasa-jasa pahlawan nasional melalui media yang berbeda, salah satunya menggambar secara massal di ruang terbuka.

Sedangkan Rimaharti Dyah Astuti, SPd, selaku Kepala SD Negeri Mojosongo 4 Surakarta menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, selain untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan siswa juga memberi ruang ekspresi dengan menggambar diluar ruang kelas. (Triantotus)

Komentar