Rektor UNS: Sesuatu Tidak Turun Begitu Saja Dari Langit, Melainkan Butuh Disongsong Dan Diperjuangkan

1.450 Mahasiswa Diwisuda

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Sebanyak 1.450 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta diwisuda pada acara prosesi wisuda periode IX Tahun 2023 di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Sabtu, 2 Desember 2023. Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum, berpesan bahwa kesuksesan masa depan, tidak pernah menjadi sebuah kebetulan.

“Tingkat kesuksesan itu selalu berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang dilakukan. Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Sesuatu tidak turun begitu saja dari langit, melainkan harus diperjuangkan dan disongsong dengan persiapan yang matang,” ujar Rektor di hadapan para wisudawan.

banner 336x280

Bahkan, tegasnya, kesempatan seseorang untuk meraih kesuksesannya sangat ditentukan oleh persiapan panjang yang dilakukan. “Yakinlah bahwa tidak ada kerja keras yang mengkhianati,” imbuh Prof Jamal.

Baca juga: Sebanyak 752 Lulusan UNS Diwisuda oleh Rektor. Sebanyak 242 Wisudawan Cumlaude

Kampus dan para dosenpun lega, karena telah selesai menunaikan tugas dan tanggungjawabnya, menyiapkan lulusannya membawa serta ilmu dan pengalaman yang telah diberikan. Menjadi sebuah kebanggaan bagi UNS, jika kelak para lulusannya mampu menjadikan ilmu dan gelar yang telah diraih sebagai cara untuk tetap bertahan dalam hidup dan meraih sukses.

“Saat sudah menjadi alumni UNS, jadilah seseorang yang bisa memanfaatkan waktu untuk berbuat baik serta bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain,” ujar Prof Jamal.

Rektor UNS Surakarta, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum memberikan pengarahan kepada para wisudawan. (Portalika.com/humas UNS)

Sementara itu, dalam laporannya Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS, menyampaikan jumlah mahasiswa UNS yang diwisuda pada periode IX tahun 2023 ini sebanyak 1.450 wisudawan. Diantara para wisudawan tersebut terdapat 776 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

Pada wisuda kali ini terdapat 4 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Timor Leste. Terdapat wisudawan dengan capaian yang luar biasa, di antaranya wisudawan tercepat Program Doktor, Dr Achmad Sultoni dari Program Studi (Prodi) S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, lama studi 2 tahun 11 bulan, IPK 3,92.

Wisudawan termuda Program Doktor, Dr Norce Horlin Mak Momao dari Prodi S3 Ilmu Hukum, dengan usia 28 tahun. Wisudawan tercepat Program Magister, Rahmawati dari Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, lama studi 1 tahun 6 bulan, IPK 3,91. Wisudawan termuda Program Magister, Komang Tri Setia Jaya dari Prodi S2 Kenotariatan dengan usia 23 tahun 6 bulan.

Portalika.com/Ist

Wisudawan tercepat Program Sarjana, Muhamad Luqman Syah dari Prodi Desain Komunikasi Visual, lama studi 3 tahun 4 bulan, IPK 3,72. Wisudawan termuda Program Sarjana, Loviana Ajeng Sari dari Prodi Teknik Industri, dengan usia 20 tahun 4 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma IV, Adi Agil Pamungkas dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil, lama studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,85. Wisudawan termuda Program Diploma IV, Nur Hanifah dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil dengan usia 22 tahun 2 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma III, Khonifiah Dhiyaul Haq, dari Prodi Farmasi, lama studi 2 tahun 7 bulan, IPK 3,89. Wisudawan termuda Program Diploma III, Oktaviana dari Prodi Farmasi, dengan usia 20 tahun 1 bulan. (Triantotus)

Komentar