Bullying Dapat Ganggu Mental Anak, Perlu Dicegah. Begini Kata Mahasiswa

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri) kelompok 32 menyelenggarakan program kerja sosialiasi tentang dampak dan pencegahan perilaku bullying sejak dini di SMPN 2 Sambi. Program itu dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bambang Hermoyo, SH, MH di Desa Trosobo, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Pelaksanaan program, Arifin Jafar Maulana, menyatakan tujuan program kerja ini adalah untuk menghilangkan perilaku bullying yang dilakukan anak sejak dini. Manfaat dari program kerja ini adalah dapat mengurangi atau menghilangkan perilaku bullying yang dilakukan anak dan mengurangi dampak negatif bagi masa depan anak.

banner 336x280

‚ÄúSosialisasi ini diharapkan bisa selalu berdampak baik dan menghilangkan perilaku bullying sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan rukun bagi perkembangan anak di SMPN 2 Sambi, Boyolali,” ujar Arifin, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca juga: Syukuran HUT ke-60 Wanita Angkatan Udara di Lanud Adisutjipto

Dia menjelaskan programnya telah dilakukan pada 2 Agustus 2023 serta berjalan lancar. Lebih lanjut, Arifin menjelaskan dampak perilaku bullying yakni dapat menyebabkan kesehatan mental bagi anak, tingkat emosional anak meningkat, gangguan hubungan sosial, menghambat prestasi anak dimasa depan.

Mahasiswa KKN Unisri, Solo, Arifin memberikan sosialisasi dampak bullying ke anak. (Portalika.com/Ist)

Selanjutnya cara pencegahan bullying yakni dengan empati (memahami perasaan orang lain), hati nurani (mendengar suara hati yang membantu untuk melakukan hal yang benar), kontrol diri (berpikir sebelum bertindak). Kemudian tahap sesi tanya jawab kepada peserta yang kurang paham tentang sosialisasi tentang dampak dan pencegahan perilaku bullying pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan tersebut.

Arifin berharap dengan adanya sosialisasi yang telah dilakukan dapat menghilangkan perilaku bullying sejak dini agar generasi kedepan lebih baik dan ungggul yang dapat menciptakan sumber daya manusia lebih berkembang dan maju serta berprestasi. (Heris)

Komentar