Fatikatur Rohmah: Duta GenRe Menjadi Teladan Dan Motivator Teman Sebaya

banner 468x60

Portalika.com [TRENGGALEK, JATIM] – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Trenggalek, Fatikatur Rohmah berharap remaja-remaja yang terpilih bisa menjadi teladan dan motivator bagi teman sebayanya. Pernyataan itu disampaikan dalam acara Grand Finalis pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Trenggalek tahun 2023.

GenRe sendiri merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri sebagai figur teladan serta motivator di kalangan remaja di bawah naungan BKKBN. Kegiatan ini mempertemukan remaja pilihan melalui proses seleksi ketat dan nantinya akan menjadi role model dan duta Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan remaja, kependudukan, delapan substansi generasi berencanadan yang lainnya.

banner 336x280

“Duta genre nantinya mempunyai peran yang sangat luar biasa dalam memberikan pendampingan menjadi tempat untuk berkonsultasi teman sebaya. Keberadaan Duta Genre sendiri diharapkan mampu¬† melayani upaya pencegahan terjadinya pernikahan anak yang bisa berdampak pada stanting,” tutur Fatik, Minggu, 16 Juli 2023 di GOR Gajah Putih Trenggalek.

Baca juga: Bupati Trenggalek Raih Penghargaan Pembina Koperasi Andalan Di Puncak Hari Koperasi Ke-76

Dia harap duta genre menjadi teladan dan juga menjadi contoh masyarakat. “Sampai kapanpun genre kita minta untuk bisa melakukan pendekatan kepada teman-teman sebayanya agar hal-hal buruk dan problematika yang dihadapi mereka dapat tertangani dengan baik seperti halnya pernikahan anak. Sebagaimana kita ketahui saat ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek tengah fokus dalam upaya penangan stunting dan kemiskinan ekstrem.”

Portalika.com/Rudi Sukamto

Menurutnya, pernikahan anak, secara fisik/psikis mereka belum siap sehingga dikhawatirkan akan menurunkan generasi-generasi yang tidak sehat. “Generasi kekurangan gizi karena kurangnya perawatan pada saat hamil dan melahirkan dan juga karena kurangnya pengetahuan,” jelasnya

Ada sebanyak 25 perserta dari berbagai kecamatan yang mengikuti pemilihan Duta Genre. Mereka dikarantina selama lima hari dengan tahapan seleksi yang sangat ketat. Diharapkan dengan pemilihan Duta GenRe tahun 2023 ini nantinya terpilih sosok dan figur yang tepat menjadi konselor dan motivator teman sebaya. (Rudi Sukamto)

Komentar