Mahasiswa Tim II KKN Undip Ajak Masyarakat Ngandong Peduli Kelola Sampah Agar Masa Depan Hidup Sehat Dan Bersih

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Peningkatan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat. Melalui edukasi, kampanye, dan program partisipatif, masyarakat diajak untuk memahami pentingnya memilah, mengurangi, mendaur ulang, dan membuang sampah dengan benar.

Dampak positif dari upaya ini termasuk lingkungan yang lebih bersih, penurunan penyakit terkait sampah, dan kontribusi pada keberlanjutan bumi. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan pemahaman yang masih perlu ditingkatkan perlu terus diatasi.

banner 300x250

Program multidisiplin ini terdiri dari empat bidang keilmuan antara lain, kedokteran gigi, psikologi, hukum, dan kimia. Program tersebut dilaksanakan pada 3 Agustus 2023 di Balaidesa Ngandong, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri yang dihadiri oleh kader ibu-ibu PKK.

Baca juga: Mahasiswa KKN Undip Berdayakan Petani Desa Tegalharjo melalui Workshop EKSPANDA

Penyampain program dilakukan oleh empat mahasiswa Undip yang KKN di desa tersebut, seperti Salsabila Aliyah Husna (Fakultas Kedokteran), Aqila Dhiya Prameswari (Fakultas Psikologi), Argidayani Qurrota A’yunin (Fakultas Hukum) dan Dwi Nanda Mulya (FSM). Mereka dibimbing oleh tiga dosen pembimbing yakni Megarini Hersaputri, ST, MT, Ari Wibawa Budi Santosa, ST, MT dan Moh Asadullah Hasan Al Asy’Arie, SH, MKn.

Mahasiswa KKN Undip Semarang mengajak ibu-ibu PKK Desa Ngandong, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri kelola sampah. (Portalika.com/Ist)

Argidayani, Senin, 14 Agustus 2023 dalam rilisnya, menyampaikan kegiatan ini mengambil pendekatan dengan cara edukasi dan aksi langsung dalam mengubah perilaku masyarakat. Di mulai dari memberikan pemahaman tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, jenis sampah menurut undang-undang, organik dan non organik, dampak sampah terhadap lingkungan dan kesehatan, terhadap sungai, serta manfaat pengelolaan sampah.

Hasil dari upaya ini sangat terasa dalam peningkatan kebersihan lingkungan sekitar. Penurunan jumlah sampah yang berserakan di jalanan dan taman, serta peningkatan kualitas udara yang dirasakan oleh masyarakat menjadi bukti nyata bahwa kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah memberikan dampak positif secara keseluruhan.

Peserta KKN berharap dengan semakin banyaknya individu dan kelompok yang berkontribusi, harapan untuk masa depan yang lebih bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah bukanlah impian belaka. Kesadaran dan aksi bersama terus menjadi pendorong utama menuju perubahan yang berkelanjutan, menjadikan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang. (Suryono)

Komentar