Polisi RW Hadir Untuk Pencegahan Dan Inilah Tugasnya

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Polisi RW hadir di Wonogiri setelah Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri, Letkol Inf Deni Oktavianto, SIP dan Kapolres Wonogiri, AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, SH, SIK, MM, MSi menjadi pimpinan apel bareng, Kamis, 25 Mei 2023. Apel gelar Polisi RW Jajaran Polres Wonogiri dilaksanakan di Alun-Alun Giri Krida Bakti.

Bupati menegaskan agar polisi RW dapat berkolaborasi dengan Ketua RW, Kepala Desa, Lurah, Babinsa dan Bhabinkambtibmas untuk membangun kerukunan sesama tetangga serta membantu menyelesaikan masalah sehari-hari. “Melalui program polisi RW ini diharapkan fungsi-fungsi pencegahan lebih di depankan.”

banner 336x280

Lebih lanjut Bupati, berpesan tiga hal kepada polisi RW, pertama memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat initial contact untuk membangun good impression. Kedua, mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan RW dan melakukan scanning terhadap kerawanan wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Ditreskrimsus Polda Jateng Ungkap Konspirasi Penyelewengan Dana Yayasan PUMD Senilai Rp24,67 M

Dijelaskan oleh Bupati, program polisi RW merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud Binmas prediktif. Program ini merupakan bentuk integralitas semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban polmas dalam komunitas RW.

Portalika.com/Humas Reswi

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada polri serta mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas Kamdagri. Melalui program polisi RW diharapkan fungsi-fungsi pencegahan lebih di depankan,” jelasnya

Menurutnya, keberadaan bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup desa/kelurahan, dirasakan terlalu berat. Maka dengan adanya polisi RW ini setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat. “Kepada polisi RW agar dapat berkolaborasi dengan Ketua RW, Kepala Desa, Lurah, Babinsa dan Bhabinkambtibmas untuk membangun kerukunan sesama tetangga serta membantu menyelesaikan masalah¬† sehari-hari.”

Selain tiga forkopimda, juga hadir Kajari Wonogiri, Porman Patuan Radot, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri, Rois Torodji, SH, MH, asisten Setda Wonogiri, PJU Polres Wonogiri dan para Kepala OPD Kabupat Wonogiri. (Suryono)

Komentar