Tingkatkan Kemampuan Pustakawan, UPT Perpustakaan ISI Surakarta Adakan Workshop Turnitin

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menyelenggarakan workshop turnitin dalam rangka membantu pemustaka menemukan potensi-potensi plagiarisme. Narasumber kegiatan yakni Sugeng Priyanto, SS, MIP dari UPT Perpustakaan dan Undip Press, Universitas Diponegoro Semarang.

Workshop internal diikuti seluruh ASN UPT Perpustakaan ISI Surakarta terdiri atas seorang Kepala UPT Perpustakaan dan 10 pustakawan. Workshop turnitin berlangsung pada Rabu, 9 Agustus 2023 bertempat di Ruang Diskusi Lt.1 UPT Perpustakaan Kampus II ISI Surakarta Jl Ringroad Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah.

banner 336x280

Sugeng Priyanto menyatakan turnitin merupakan salah satu alat deteksi plagiarisme. Turnitin ini software yang diterapkan oleh banyak kampus dan lembaga pendidikan di seluruh dunia. Software ini dirancang untuk membantu dosen dan pengajar dalam mengidentifikasi tindakan plagiarisme pada karya tulis mahasiswa, seperti makalah, tugas, esai, dan disertasi.

Baca juga: Siswa Semata PK TNI AU A-85 Dan Siswa Diktukta Polri TA. 2023 Laksanakan Karya Bakti Di Keraton Kasunanan Surakarta

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, turnitin yakni software online berbasis web yang membandingkan teks elektronik yang diupload (submitted) dengan sumber dalam database online untuk menghasilkan laporan yang disebut originilaty report, di mana kalimat yang mirip dengan konten dari sumber lain akan disorot dan dari titik itu berapa persentase Indeks Kesamaan (similarity) kiriman anda yang sama dengan konten milik orang lain.

Pada kesempatan ini peserta workshop menerima materi, teori dan langsung praktik menggunakan turnitin untuk pencegahan plagiarisme turnitin karya ilmiah atau tugas mahasiswa di ISI Surakarta. Hampir semua peserta bertanya akan ketidaktahuannya dan segera memperoleh jawaban pertanyaan dari narasumber.

Sedangkan Kepala UPT Perpustakaan ISI Surakarta, M Ali Nurhasan Islamy, SSos, MA, menyampaikan kegiatan berupa workshop ini perlu sering diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan di ISI Surakarta. Acara yang bersifat intern ini kontennya akan lebih efektif bisa diterima pustakawan.

Ali melanjutkan, memang pustakawan sering mengikuti seminar atau webinar namun acara intern seperti ini perlu diadakan. Kedepannya direncanakan diadakan workshop seperti workshop canva, workshop alih media digital dan workshop lainnya untuk meningkatkan kompetensi pustakawan di ISI Surakarta. (Suryono)

Komentar