Literasi Keuangan Penting Bagi Siswa SDN Gejugan

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi berkolaborasi dengan pelajar SDN Gejugan, menyampaikan pengetahuan literasi keuangan. Suri Syahriani mahasiswa peserta KKN, mengatakan mengelola keuangan sejak dini akan membawa manfaat signifikan bagi pelajar kelas II.

Para mahasiswa KKN Unisri memperkenalkan konsep literasi keuangan kepada siswa-siswi di SDN Gejugan. Dengan fokus pada pengenalan uang, jenis uang, serta pentingnya menabung.

banner 336x280

Para pelajar mendapatkan wawasan baru yang akan membantu mereka dalam pengelolaan finansial di masa depan. Dua sesi utama menandai kegiatan yang dilaksanakan 2 Agustus 2023.

Baca juga: Atur Waktu Sejak Dini Agar SDM Lebih Produktif

Sesi pertama melibatkan pemaparan materi tentang uang, termasuk jenis-jenisnya dan perannya dalam kehidupan. Selain itu, mahasiswa KKN juga memaparkan manfaat menabung dan mengidentifikasi perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Suri mengatakan di sesi ini memberikan dasar yang kuat bagi pemahaman siswa-siswa mengenai prinsip-prinsip dasar literasi keuangan. Sesi kedua, yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, melibatkan siswa-siswi dalam games pertanyaan ringan dan seru.

Hadiah snack yang diberikan sebagai insentif membuat siswa-siswi semakin semangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait literasi keuangan.
Suri, yang merupakan pelaksana dan penanggung jawab acara, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini ingin memberikan siswa-siswi dasar-dasar literasi keuangan agar mereka memiliki pengetahuan awal tentang cara mengelola uang secara cerdas.

“Dengan pemahaman ini, mereka akan lebih siap menghadapi keputusan-keputusan finansial di masa depan dan membangun pola pikir yang bijak terkait uang,” ucapnya.

Kegiatan literasi keuangan ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dapat memberikan manfaat nyata bagi generasi muda. Melalui pemahaman tentang uang, menabung, dan keputusan finansial, siswa-siswi SDN Gejugan diharapkan akan mampu mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan menjadi kontributor yang cerdas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa-siswi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengambil keputusan keuangan yang bijaksana. Selain itu, siswa-siswi belajar tentang bagaimana mengelola uang, dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan,” ucapnya. (Heris)

Komentar