Kesulitan Perkalian, Siswa SDN Pakel Diajari Sistem Jarimatika

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] РMahasiswi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kelompok 11 memberikan bimbingan pembelajaran Matematika  kepada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pakel, Pakel, Andong, Boyolali.

Kegiatan ini merupakan program kerja, Anisa Novia Rahmadani, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unisri. Menurutnya, pendidikan merupakan hal penting untuk semua orang karena dengan pendidikan dapat dilahirkan generasi cerdas dan dapat di banggakan.

banner 336x280

“Untuk menciptakan generasi yang cerdas, mahasiswa KKN Unisri kelompok 11 mengadakan bimbingan belajar Matematika untuk siswa kelas 4 SD. Kegiatan diadakan setelah melihat situasi di lapangan, yakni banyak siswa yang masih kesulitan dalam materi perkalian,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Dan DPRD Trenggalek Tanda Tangani Persetujuan Bersama KUA PPAS APBD 2024 Dan KUPA 2023

Dia menjelaskan faktor utamanya disebabkan kurangnya pemahaman dasar yang telah dimiliki siswa dalam pengoperasian perkalian sehingga banyak siswa yang kesulitan mengikuti proses pembelajaran.

Mahasiswi peserta KKN PPM Unisri Solo memberikan bimbingan mapel matematika ke siswa SDN 1 Pakel, Andong, Boyolali. (Portalika.com/Ist)

“Kegiatan bimbingan belajar matematika di Desa Pakel saya laksanakan dibantu oleh teman-teman KKN lainnya. Kegiatan ini dilakukan satu kali pertemuan, yaitu pada¬† 5 Agustus 2023. Kegiatan belajar ini dilakukan di SD Negeri 1 Pakel diikuti 18 anak,” jelasnya.

Menurutnya, anak-anak dibimbing dan diajarkan materi pendidikan matematika mulai dari tahap dasar sampai pemahaman konsep mengenai materi yang telah diajarkan di sekolah. Anak-anak juga diajarkan perkalian menggunakan jari (Jarimatika) dan perkalian bersusun.

Setelah diadakannya bimbingan belajar matematika ini, anak-anak mulai lancar menghitung perkalian. Terbukti dengan beberapa kali latihan menghitung dan bermain sambil belajar, anak-anak semakin hari semakin lancar berhitung. Setelah selesainya kegiatan ini, diharapkan kepada orang tua dan guru lebih intensif memberikan bimbingan kepada anak-anak di luar jam sekolah atau saat belajar di rumah. (Heris)

Komentar