ISI Surakarta Adakan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Dan Pendampingan Penyelenggaraan RPL Tahun 2023

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Salah satu tujuan dari penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A  adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman pada suatu bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk mengajukan pengakuan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolehnya untuk memperoleh kredit akademik melalui asesmen RPL.

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada tahun 2023 ini memperoleh Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A yang diumumkan melalui  Surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 3368/E2/DT.00.05/2023 tanggal 23 Juni 2023. ISI Surakarta mengusulkan Banpem Penyelenggaraan RPL untuk Prodi Seni Karawitan, Tari, Desain Interior, Kriya, dan Seni Murni.

banner 300x250

Bantuan pemerintah tersebut akan digunakan untuk melaksanakan program-program kegiatan meliputi penyusunan/pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL, implementasi sistem informasi RPL, proses publikasi penerimaan mahasiswa melalui jalur RPL, penyusunan perangkat asesmen, pelaksanaan asesmen, dan penyusunan laporan kegiatan RPL dan monev.

Baca juga: 5 Mahasiswa UNS Ke Luar Negeri Ikuti Program IISMA Co-Funding

Pada  tahapan yang pertama telah diselenggarakan bimtek penyusunan pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL yang  dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, 9-10 Agustus 2023, bertepat di Lorin Solo Hotel, Jl Adi Sucipto No 47, Kenaiban, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Dr Drs Ludfi Djajanto, MBA yang merupakan Tim RPL Dikti Kemendikbudristek.

Kegiatan dibuka Rektor ISI Surakarta  Dr I Nyoman Sukerna, SKar, MHum dihadiri peserta yang terdiri dari usur ketua program studi, tim kurikulum, tim asesor, perwakilan dari UPT TIK dan Biro AKP. Kegiatan bertujuan untuk menyiapkan berbagai dokumen seperti pedoman penyenlenggaraan RPL ISI Surakarta,  Standar Akademik, dan berbagai formulir asesmen.

Ketua Tim RPL ISI Surakarta, Prof Dr Dra Sunarmi, MHum,bmenjelaskan kegiatan  Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A sebagai bentuk peran serta ISI Surakarta  untuk berkontribusi dalam perluasan akses pendidikan dan belajar sepanjang hayat bagi masyarakat, yang  melibatkan dosen dan praktisi dalam bentuk kolaborasi.

Salah satu tim Kurikulum Eko Sri Haryanto, SSn, MSn menyampaikan rekognisi pembelajaran kampau ini penting bagi para penggiat seni dan praktisi untuk mendapatkan pengakuan penyetaraan ijasah dari Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek penyusunan pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL yang diselenggarakan selama dua hari tersebut berlangsung dengan baik dan sukses. Dokumen-dokumen penting dalam penyelenggaraan rekognisi pembelajaran lampau sudah berhasil diselesaikan untuk implementasi tahapan yang selanjutnya. (Suryono)

Komentar