KKN Unisri Memberikan Sosialisasi Mengenai Peralihan e-KTP Menjadi KTP Digital

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kelompok 33 memberikan sosialisasi mengenai peralihan e-KTP menjadi KTP Digital kepada pemuda-pemudi Mangunan Desa Bendungan, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Kegiatan ini merupakan program kerja salah satu mahasiswa KKN Unisri, kelompok 33, Nasya Gita Pramesti, program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk menyukseskan dalam kegiatan Sosialisasi Mengenai Peralihan e-KTP menjadi KTP Digital yang bertempat di RT 07 Mangunan, Desa Bendungan, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

banner 300x250

Kegiatan dilaksanakan pada 12 Agustus 2023. Menururnya, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, pengetahuan serta pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini KKN Unisri kelompok 33 melaksanakan sosialisasi mengenai peralihan e-KTP menjadi KTP Digital, merupakan salah satu implementasi pengabdian kepada masyarakat dari bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.

Baca juga: Digital Marketing Jadi Sarana Mengembangkan UMKM Di Desa Teter, Boyolali

Saat ini pemerintah sedang uji coba internal sejak pertengahan 2021 di 58 kabupaten/kota di Indonesia dalam rangka penguatan dan pembenahan sistem, juga penguatan sistem keamanan sibernya. Dengan KTP digital, ujar Nasya, warga tidak perlu repot melihat data kependudukan di kartu fisik.

Portalika.com/Ist

Menurutnya, KTP dapat diakses langsung dengan cepat melalui aplikasi IKD di Handphone. Data kependudukan itu dapat dipakai untuk mengakses berbagai layanan. “Namun, perlu dicatat bahwa KTP fisik tetap penting karena tak semua daerah memiliki akses yang memadai,” ujarnya.

Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah membantu pemerintah untuk menginformasikan adanya peralihan e-KTP menjadi KTP Digital yang diprogramkan oleh pemerintah dan sudah berjalan uji coba pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang nantinya masyarakat dapat mengikuti perubahan yang ada.

Adapun hasil yang dicapai yaitu pemuda RT 07 Mangunan, Desa Bendungan dapat mengetahui efektivitas dalam menggunakan KTP Digital dapat memahami cara-cara penggunaan KTP digital, dan juga dapat memahami cara-cara mendaftar dan mengoperasikan KTP digital. Sehingga peserta sosialisasi dapat mengakses atau mengoperasikan KTP digital dengan mudah untuk keperluan berbagai administrasi pelayanan publik. (Heris)

Komentar